Cara Memperbanyak Hasil Getah Karet

Kangkaret - Cara Memperbanyak Hasil Getah Karet, Pohon karet merupakan tanaman yang dapat menghasilkan getah karet / lateks, selain itu pohon karet juga dapat menghasilkan udara yang sejuk dan bersih.

https://www.kangkaret.com/2019/09/cara-memperbanyak-hasil-getah-karet.html

Ada banyak cara yang dilakukan oleh petani getah untuk memaksimalkan hasil produksi kebun karetnya seperti pemilihan bibit karet yang tepat, perawatan / pemupukan serta teknik penyadapan. Hal ini mesti dilakukan dengan sabar dan teliti.

Terkadang hal hal seperti diatas sudah dilakukan dengan tepat dan benar tetapi hasil getah tak kunjung membaik. Tak heran banyak petani mulai menggunakan cara yang ekstrem untuk meningkatkan hasil getah seperti menggunakan obat poles / perangsang getah yang tidak terjadwal, melakukan penyadapat 2 kali sehari, membuat bidang sadapan lebih dari satu.

Jika kebiasaan tersebut dilakukan terus menerus dan tidak diiringi dengan perawatan yang tepat maka bisa dipastikan pohon karet akan mengalami stress atau mati getah lalu pohon akan mati.

Berikut Beberapa Cara Memperbanyak Hasil Produksi Getah Karet Dengan Benar :


1 . Memaksimalkan Perawatan

Hasil produksi getah karet tidak akan meningkat jika dalam perawatan lahan karet yang buruk. Perawatan Pohon Karet Yang Baik Dan Benar seperti pembersihan gulma, banyak nya gulma dan pohon - pohon sekitar tanaman karet juga dapat mempengaruhi hasil produksi getah.

Gulma yang terlalu subur atau tebal dapat menghilangkan asupan nutrisi pohon karet, namun jika gulma tidak ada maka unsur – unsur hara pada tanah akan hilang tergerus aliran air hujan. Jadi jangan terlalu menghabiskan tumbuhan gulma.

2 . Pemupukan Yang Tepat

Pada pemupukan pohon karet dilakukan pada saat proses pertumbuhan dan saat produksi. Pemupukan dilakukan supaya pohon karet tetap terjaga kesuburan nya sehingga hasil produksi cenderung dapat meningkat.

Pemupukan dapat dilakukan 1 – 2 kali dalam setahun, penggunaan pupuk juga bisa menggunkan pupuk kompos / alami dan kimia. Beberpa pupuk kompos seperti kotoran hewan, garam dll. Sedangkan pupuk kimia seperti tsp, kcl, urea, npk dll.

3 . Teknik Penyadapan Yang Tepat

Teknik penyadapan pohon karet harus dilakukan dengan benar untuk menadapatkan hasil produksi yang baik. Saat menoreh / menggores / melukai pohon karet jangan terlalu dalam / terlalu tipis tergantung pada ketebalan pohon karetnya itu. Jika terlalu dalam saat menoreh maka dapat merusak stuktur pohon karet itu sendiri lama kelamaan pohon akan mati, namun jika saat menoreh terlalu tipis getah yang keluar juga tidak maksimal.

Jika proses menoreh terlalu dalam dapat ditandai dengan terlihatnya kayu pohon karet itu, dan proses pengembalian kulit akan berlangsung sangat lama.

Penyadapan pohon karet sebaiknya dilakukan pada pagi / sore hari, jika dilakukan pada siang hari air pada pohon getah mudah mengering sehingga membuat getah lateks sedikit.

Pohon karet sama halnya dengan manusia, kalau manusia semakin baik nutrisi yang masuk kedalam tubuh maka semakin baik pula pertumbuhan sel sel dalam tubuh. Sedangkan pohon karet semakin baik nutrisi yang diserap oleh pohon maka semakin baik getah yang dihasilkan. Jika kamu ingin mengetahui tentang pohon karet lainnya bisa mengakses di www.kangkaret.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel