Mengenal Pohon Getah Karet / Lateks / Para

Kangkaret - Mengenal Pohon Getah Karet / lateks / Para, Pohon karet dapat tumbuh di daerah tropis ini adalah pohon yang dapat menghasilkan getah karet yang memiliki banyak kegunaan dibidang otomotif, pabrik – pabrik, militer dan lainnya.

https://www.kangkaret.com/2019/09/mengenal-pohon-getah-karet-lateks-para.html

Pohon karet merupakan pohon yang dapat berkembang di asia khususnya Indonesia. Di Indonesia tersebar luas di daerah pulau Sumatera, Kalimantan, Riau dan Jawa.

Pohon karet biasanya memiliki batang pohon yang besar, tinggi dan memiliki banyak cabang diatasnya. Pada dasarnya pohon karet berwarna coklat mulus dan juga ada yang berwarna putih tergantung pada bibit dan kondisi kesuburan tanah. Pada akar pohon karet ini merupakan akar tunjang.

Pada daun memiliki tangkai daun yang terdiri dari 3 – 5 tangkai daun, bentuk daun karet seperti elipt dengan ujungnya yang meruncing dan berwarna hijau dan kuning saat tua.

Pohon karet juga memiliki buah karet, dalam setiap ruang buah memiliki biji 3 – 6 biji tergantung pada bibit pohon karet. Warna biji karet ialah coklat tua dan memiliki corak yang berbeda – beda.

Produktivitas pohon karet juga tak lepas dari bibit.

Baca Juga : Manfaat Pohon Karet Bagi Kehidupan

Bibit adalah bibit pohon karet yang dapat di kembang biakan secara keturunan / biji  dan secara okulasi / tempel. Pembiakan biji yang diperoleh dari indukan pohon yang sudah tua sehingga tanaman tersebut diharapkan akan persis dengan indukannya. Sedangkan pembiakan  dengan okulasi yaitu dengan mengambil bibit tempel / mata stek dari indukan yang unggul sehingga menciptakan bibit unggul Sehingga bisa menghasilkan banyak getah

Perbedaan pembiakan diatas ialah,

1. Jika pembiakan secara biji biasanya pohon karet akan lama untuk mencapai proses penyadapan bisa mencapai 6 – 8 tahun idealnya. Sedangkan bibit stekkan / okulasi idealnya 4 – 5 tahun saja.

Baca Juga : Perawatan Pohon Karet Yang Baik Dan Benar

2. Bibit karet yang pembiakan dari biji biasanya stuktur pohon seperti kerucut yaitu pada bongkot atau pangkal pohon besar dan semakin mengngecil keatas lalu bercabang. Sedangkan bibit pembiakan melalui stekkan / okulasi dari bongkot atau pangkal pohon besar dan akan tetap sama lalu bercabang.

Pembiakan bibit karet hingga penyadapan pohon karet merupakan hal perlu di utamakan sehingga hasil produktifitas getah karet menjadi maksimal.

Nah itulah pengenalan pohon karet, Terima kasi telah berkunjung jika kamu ingin mengetahui tentang pohon karet lainnya bisa mengakses di www.kangkaret.com


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel