Apa Itu Sadap / Penyadapan ?

Kangkaret.com - Apa itu Sadap Atau Penyadapan yang banyak dibincangkan di medsos (media masa) ?

https://www.kangkaret.com/2019/10/apa-itu-sadap-penyadapan.html

Sadap yang dibicarakan di blog ini yaitu penyadapan pohon karet. Nah di daerah saya Pendopo Kabupaten PALI (Penukal Abab Lematang Ilir) Palembang, sadap / penyadapan mempunyai bahasa lainnya seperti nyadap, sadap, mantang, menoreh, toresh, nderes, nakok, menggores dan mungkin masih ada bahasa lain.

Penyadapan pohon karet walaupun terlihat mudah namun tidak bisa sembarangan, jika menyadap dengan cara yang salah akan mengakibatkan pohon tidak bisa mengeluarkan getah atau bisa saja mati.

Penyadapan pohon karet adalah proses melukai atau memutus jaringan pembuluh lateks sehingga lateks dapat keluar dan ditampung dalam wadah. Proses penyadapan akan mempengaruhi jumlah lateks yang dihasilkan seperti menyadap terlalu dalam atau dangkal.

Berikut  Tips Menyadap Pohon Karet Yang Benar :


1 . Pohon Karet Siap / Sudah Umur

Pastikan sebelum proses penyadapan usia pohon karet sudah siap atau layak disadap. Biasanya batang pohon yang siap di sadap memiliki kulit yang empuk/tebal, lingkar batang sebesar gelo, dan usia mencapai 5 tahun atau lebih tergantung pada jenis pohon.

2. Membuat Alur Sadap

Membuat alur sadap atau bidang sadap atau menyunat hendaklah jangan terlalu miring / rata. Tujuan membuat bidang sadap hanya untuk mengalirkan lateks ke wadah yang ditempatkan dibawahnya.

Membuat alur/bidang sadap setengah / separuh lingkar batang. Dan membuat alur cukup satu saja, terkadang banyak para petani yang ingin meningkatkan hasil getahnya mereka membuat lebih dari satu alur/bidang sadapan.

Baca Juga : Cara Memperbanyak Getah Pohon Karet

3. Mengatur Kedalaman Bidang Sadap

Menyadap pohon karet juga memperhatikan kedalaman bidang sadap, saat proses menyadap kerusakan pada pembuluh lateks akan berlangsung lama untuk mengembalikan kulit pohon.

Penyadapan karet yang benar jangan terlalu dalam atau sampai mengenai kulit pohon jika penyadapan seperti ini terus berlanjut akan merusak stuktur pohon dan pohon bisa mati.

Baca Juga : Penyebab Produksi Getah Menurun Drastis

Lalu jika penyadapan pohon terlalu dangkal akan menghambat aliran lateks sehingga lateks yang keluar tidak maksimal.

Dalam penyadapan ini perlu latihan dan bereksperimen sendiri oleh para petani.

4. Menyadap Sebelum Matahari Terbit

Penyadapan yang dianjurkan ialah sebelum matahari terbit sekitar pukul 04.00 sampai 09.00 pagi.

Kenapa harus pagi ? karena saat matahari belum memancarkan sinarnya tekanan air pada pohon masih tinggi sehingga menyebabkan getah / lateks yang dikeluarkan lebih maksimal. Atau bisa juga sore hari sekitar pukul 04.00 sore.

Nah itulah apa itu sadap / penyadapan, Terima kasih telah berkunjung jika kamu ingin mengetahui tentang pohon karet lainnya bisa mengakses di www.kangkaret.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel