CARA PERAWATAN POHON KARET YANG BAIK DAN BENAR

https://www.kangkaret.com/2019/10/cara-perawatan-pohon-karet-yang-baik.html

Kangkaret.com - Cara Perawatan Pohon Karet Yang Baik Dan Benar
- Pohon karet merupakan salah satu hasil alam yang dimiliki negara Indonesia. Pohon karet adalah tanaman yang menghasilkan getah atau lateks alami yang memiliki nilai jual.

Merawat  pohon karet yang baik dan benar sehingga menghasilkan getah yang banyak dan melimpah merupakan keinginan bagi para petani karet / lateks.

Tanaman karet biasanya memiliki hasil produksi lateks yang berbeda – beda hal ini tergantung pada kondisi lahan, cuaca, bibit, dan perawatan itu sendiri.

Sebenarnya perawatan tanaman karet ini tidaklah begitu sulit hanya saja sebagian orang tidak tahu atau malas. Peratan tanaman karet hanyalah cukup membersihkan gulma yang menempel pada pohon dan beberapa cara lainnya.

Berikut Perawatan Pohon Karet Agar Banyak Getah :


1 . Memebersihkan Gulma / Tanaman Penggangu

Membersihkan gulma tidak lah sulit jika kita rajin membersihkannya,jadi gulma yang menempel pada pohon karet tidak banyak sehingga pohon karet selalu terjaga kondisi dan nutrisinya.

2 .  Pemberian Pupuk

Pemupukan haruslah dilakukan untuk memberi makanan dan nutrinya yang cukup dan diperlukan oleh pohon karet. Kenapa proses pemupukan sangat dianjurkan pada pohon karet karena iklim dan kondisi kandungan tanah di berbagai daerah sangat berbeda – beda sehingga sangat diperlukan proses pemupukan.

Pemupukan juga mempengaruhi kualitas dan kuantitas/banyaknya hasil getah sehingga sangat berpengaruh besar terhadap jumlah penghasilan.

Baca Juga : Cara Memperbanyak Hasil Getah Karet

Pemupukan yang yang baik adalah pupuk kompos, pupuk yang berasal dari kotoran hewan/ sisa makanan atau sejenis pupuk kompos lainnya. Pupuk kimia yang dipasar juga sangat bagus tetapi pupuk kimia bisa merusak kandungan tanah dan harga yang relatif mahal.
Proses pemupukan sebaiknya dilakukan 2 x dalam satu tahun agar nutrisi pohon karet tetap terpenuhi.

3 . Proses Penyadapan

Untuk  menghasilkan getah lateks perlu adanya proses penyadapan pada pohon karet. Penyadapan pohon karet secara langsung melukai kulit pohon sehingga pohon mengeluarkan getah. Namun proses penyadapan pohon karet yang tidak benar dapat merusak pohon karet sehingga menyebabkan pohon karet tidak lagi mengeluarkan getahnya dan bisa menyebabkan pohon mati.

Baca Juga : Penyebab Hasil Getah Menurun Drastis

Penyadapan pohon karet yang benar ialah jangan terlalu dalam dan dangkal. Jika menyadap terlalu dalam maka kayu pohon karet akan ikut tergores hal ini menyebabkan pohon bisa mati, lalu jika menyadap terlalu dangkal maka getah yang keluar tidak maksimal. Jadi pahami dan berekperimen lah pada lahan pohon karet anda sehingga kita bisa menghasilkan getah yang memiliki kualitas dan kuantitas.

Penyadapan pohon karet yang baik dan benar sebaiknya dilakukan sewaktu matahari belum menampakkan sinar panasnya yaitu sekitar 4 – 9 pagi hari atau sore hari sekitar 4 sore.

Nah itulah Cara Perawatan Pohon Karet yang baik dan benar, Terima kasih telah berkunjung jika kamu ingin mengetahui tentang pohon karet lainnya bisa mengakses di www.kangkaret.com



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel