Akibat Menyadap Pohon Karet yang Tekayu

https://www.kangkaret.com/2019/12/akibat-menyadap-pohon-karet-yang-tekayu.html

Kangkaret - Menyadap pohon karet sangatlah mudah dilakukan oleh para petani karet atau yang sudah biasa melakukan proses penyadapan.

Dengan menyadap pohon karet kita bisa menghasilkan getah karet yang nantinya akan dijual kepada pengepul atau toke getah dan dari situlah para petani ini dapat menghidupi keluarganya. Namun akhir - akhir ini semakin lama harga getah semakin tidak menentu atau anjlok sehingga membuat para petani mengalami stress dan tak banyak para petani meninggalkan aktivitas menyadap dan mencari penghasilan lain.

Nah menyadap karet sendiri itu ada tekniknya tidak sembarangan, jika di lakukan denga tidak benar bisa  - bisa pohon karet tidak mengeluarkan getah dan bisa saja pohon karet dapat mati. Lalu apa saja akibat dari menyadap yang tekayu terhadap pohon karet ?

Akibat  Menyadap Pohon Karet yang Tekayu


Banyak masalah yang muncul dari menyadap yang tidak benar atau biasa disebut tekayu, padahal jika saja para petani mengerti akan teknik menyadap yang baik dan benar pohon karet tersebut dapat menjadi mutiara berharga yang ada di kebun. Dibawah ini menjelaskan akibat - akibat dari menyadap yang tekayu :

1. Pohon Karet Sulit Mengembalikan Kulitnya

Kulit pohon karet atau bidang sadapan akan tumbuh lagi seiring berjalannya waktu, ketika sudah menumbuh kulit baru yang mulus itu bisa kita sadap kembali. Nah bedanya jika proses penyadapan yang bagus dan yang tekayu, bisa dilihat dengan kulit yang tumbuh, jika proses penyadapannya bagus maka proses mengembalikan kulit baru akan tumbuh dalam waktu cepat, namun jika menyadap dengan tekayu kulit pohon akan sulit tumbuh dan akan memakan waktu yang sangat lama bisa - bisa pohon karet tersebut mati.

Baca Juga : Kulit Pohon Karet Keras saat disadap ini penyebabnya

2. Pohon Karet Mati Getah

Pohon karet yang tidak mengeluarkan getah atau disebut mati getah bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti pohon karet stress akibat pestisida, akibat penggunaan obat perangsang getah / poles, akibat musim, dan Proses penyadapan. Penyadapan yang salah atau tekayu bisa membuat pohon karet tidak bisa mengeluarkan getahnya bahkan dengan upaya apapun akan sulit mengembalikan kondisi pohon karet menjadi normal lagi, lama kelamaan pohon karet tersebut akan mati dengan sendirinya.

3. Pohon Karet Bisa Saja Patah

Pohon Karet bisa patah akibat dari sadapan yang tekayu, dengan sadapan yang tekayu pohon karet bisa membusuk dan akan ditumbuhi jamur lalu pohon karet tersebut bisa patah sehingga membuat para petani rugi sendiri jika menyadap dengan tekayu secara terus menerus.

Baca Juga : Akibat Menyadap Pohon Karet Yang Basah 

Sebenarnya menyadap pohon karet itu sangat mudah asalkan kita mengenal struktur dan kedalaman kulit pohon karet tersebut, jadi jika ingin memanfaatkan pohon karet lebih lama maka perbaiki lah bidang sadapan kamu. Sadapan yang bagus itu tidak mengenai kayu dalam pohon karet tersebut jadi bereksperimen lah pada pohon karetmu. Jika kamu ingin mengetahui tentang pohon karet lainnya bisa mengakses di www.kangkaret.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel