Cara Menyadap Pohon Karet yang baik dan benar supaya getahnya banyak

https://www.kangkaret.com/2019/12/cara-menyadap-pohon-karet-yang-baik-dan.html

Kangkaret.com - Menyadap pohon karet merupakan kebiasaan dari para petani karet di sebagian besar pulau Sumatera. Dengan menyadap karet para petani bisa menghasilkan getah karet yang nantinya dijual kepada pengepul atau toke.

Di daerah saya di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir ( PALI ) kegiatan menyadap pohon karet biasa disebut mantang, njedol  atau noreh getah dan banyak lagi sebutan untuk menyadap karet ini. Sedangkan kalau untuk mengangkat hasil dari penampungan getah disebut ngangkit. Nah disetiap daerah itu ada cara tersendiri yangt dilakukan oleh masyrakat dalam menyadap karet.

Berikut Ini Cara Menyadap Pohon Karet yang baik dan benar :


1. Menyadap Pohon Karet yang sudah umur

Pohon karet yang sudah umurnya biasanya kalau bibit unggul sudah berumur 5 - 7 tahun serta memiliki lingkar batang minimal sebesar rantang. Selain itu juga kulit pohon karet juga sudah menebal dan jika di sadap mengeluarkan getah kental.

2. Menyadap sebelum matahari terbit

Banyak sebagian para petani di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir ( PALI ) melakukan penyadapan pohon karet pada waktu fajar atau matahari belum menampakkan sinarnya. Dengan melakukan penyadapan saat fajar para petani mendapatkan perbedaan antara menyadap saat sebelum matahari terbit (fajar) dan saat matahari menampakan sinarnya (siang). Mereka lebih memilih menyadap saat fajar karena getah yang di hasilkan lebih deras dan banyak serta jika sudah selesai menyadap mereka bisa melakukan aktivitas lainnya.

Baca Juga : Penyebab Hasil Produksi Getah Pohon Karet Menurun  

Terdapat sebuah penelitian bahwa saat masih gelap atau matahari belum mucul kandungan air pada pohon karet lebih deras dibanding saat matahari sudah panas ( siang hari ). Saat air yang membawa getah itu deras maka getah yang keluar atau yang dihasilkan otomatis lebih banyak.

3. Menyadap Tidak terlalu dalam atau dangkal

Teknik menyadap pohon karet di setiap petani itu berbeda  - beda supaya bisa menghasilkan getah yang diinginkan, namun yang lebih baik dari pengalaman admin sendiri menyadap pohon karet itu harus tahu kedalaman atau ketebalan kulit dari pohon karet tersebut sehingga kita bisa mengatur tekanan saat menyadap.

Baca Juga : Cara Memperbanyak Hasil Getah Karet

Jika menyadap terlalu dalam sampai mengenai kayu pohon karet itu didaerah saya menyebutnya dengan Tekayu, jika sudah tekayu maka kulit pohon karet akan sulit kembali normal jika sudah begitu mata pohon karet bisa tidak mengeluarkan getah atau bisa saja pohon karet dapat mati. Namun jika menyadap terlalu dangkal bisa - bisa getah yang dihasilkan tidak maksimal karena tidak dapat mengenai aliran atau pembulu getah pada pohon karet.

4. Menyadap Pohon Karet saat kering

Saat pohon yang basah akibat hujan disarankan jangan disadap karena bisa menyebabkan beberapa akibat jika disadap saat pohon kondisi basah seperti salah satunya pohon bisa saja mati. Jika Menyadap saat musim hujan usahakan supaya pohon karet kering terlebih dahulu supaya pohon karet awet dan bisa terus menghasilkan getah yang banyak.

Nah sekian itulah Cara Menyadap Pohon Karet yang baik dan benar supaya getahnya banyak semoga bermanfaat, jika kamu ingin mengetahui tentang pohon karet lainya bisa mengakses di www.kangkaret.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel