Harga Getah Karet Terus Menurun, Ini Penyebabnya...

https://www.kangkaret.com/2019/12/harga-getah-karet-terus-menurun-ini-penyebabnya.html

Kangkaret.com - Harga Getah Karet yang terus menurun menjadi masalah bagi petani karet. Dengan adanya penurunan harga getah karet Presiden Jokowi tak dapat berbuat banyak, Jokowi juga mengemukakan untuk melakukan inisiatif kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR ).

Mengingat Indonesia merupakan Negara pengekspor hasil karet alam terbesar ke dua didunia namun harga setiap tahunnya yang terus menerus turun membuat Presiden melontarkan keresahannya agar Menteri ( PUPR ) ini segera melakukan insiatif seperti membeli langsung hasil karet alam dari koperasi dan digunakan untuk pengaspalan jalan.

Untuk saat ini harga karet itu di tempat saya di desa Talang Tumbur Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir rabu (11/12/2019) untuk KUD itu untuk harga getah kering kisaran Rp. 9.000 sampai Rp. 10.000 per kilogram. Saat ini juga menjadi permasalahan petani yaitu musim gugur yang menyebabkan hasil panen getah karet menurun drastis hingga 20 persen.

Penyebab Harga Karet Terun Menurun :


1. Kelebihan Suplai di Pasar Ekspor

Banyaknya negara - negara yang mengekspor hasil karet alam mereka di pasar Internasional sehingga menjadi pemicu salah satu penurunan harga getah karet. Pada sebelum - sebelumnya negara yang mengekspor hasil getah karet itu berasal dari negara seperti Indonesia, Malaysia, Cina, India, Thailand, Vietnam namun seiring berjalannya waktu negara - negara baru banyak yangt bermunculan dalam mengekpor hasil getah karet sehingga menyebabkan terjadinya kelebihan suplai di pasar ekportir karet.

2. Kurs Dollar AS menjadi pengaruh Harga Getah Karet

Ya harga pasar Internasional tergantung pada kurs atau nilai tukar mata uang, begitu juga dengan harga getah karet alam di pasaran Internasional jika terjadi penguatan kurs dollar AS maka akan sangat berpengaruh terhadap harga getah karet.

Baca Juga : Penyebab Hasil Produksi Getah Karet Menurun


3. Terdapat Pembentukan Harga Karet Alam

Pengaturan Harga Karet di pasaran Internasional yakni di bentuk di Singapura (SICOM), Tokyo (TOCOM), dan Shanghai Future Exchange yang menjadi acuan oleh harga karet dunia, namun yang kita ketahui pembentukan harga karet ini tidak mencerminkan faktor Fundamental Supply dan Demand karet alam dunia.

4. Penurunan Terhadap Permintaan Industri Otomotif

Perkembangan industri otomotif dan ban dunia juga menjadi salah satu mempengaruhi harga karet alam. Jika terjadi penurunan perekonomian global yang menyebabkan penurunan permintaan di industri otomotif dapat menyebabkan terjadinya penurunan harga karet, padahal karet alam banyak di konsumsi oleh industri otomotif dan ban di dunia.

Baca Juga : Cara Memperbanyak Getah Karet


5. Kualitas Getah Karet Alam

Harga Karet di pasaran juga di pengaruhi oleh kualitas getah yang dihasilkan, seperti yang kita ketahui banyak berita - berita yang menyampaikan bahwa ada kecurangan pada kualitas getah. Ada sebagian petani karet yang ingin menambah bobot getah dengan cara yang tidak bagus seperti menambah kandungan pada getah, menambah benda - yang berat kedalam getah. Nah hal ini bisa membuat kualitas getah karet yang dihasilkan menjadi buruk di pasaran.

Nah itulah bisa menyebabkan harga getah karet terun menurun dan sulit untuk naik, jika ingin mengetahui tentang pohon karet lainnya bisa mengakses di www.kangkaret.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel