Harga Getah Karet Yang Anjlok berdampak juga pada negara ini..

https://www.kangkaret.com/2019/12/harga-getah-karet-yang-anjlok-berdampak.html

Kangkaret - Pohon Karet merupakan penghasil getah karet yang banyak memiliki kegunaannya hampir semua dibidang otomotif berbahan baku dasar karet.

Bagi para petani karet getah yang keluar dari pohon karet merupakan mutiara yang ada di kebunnya, sehingga mereka dapat memanfaatkan getah karet tersebut untuk memenuhi kebutuhan hidup. Namun apakah bisa terpenuhi kebutuhan mereka jika harga karet saat ini sedang anjlok, apakah mereka tetap melakukan kegiatan menyadap karet atau beralih fropesi lain yang lebih menjanjikan. Nah apakah harga getah karet anjlok ini juga dirasakan oleh negara pengekspor getah lainnya selain di Indonesia.

Berikut ini Negara yang juga terkena dampak dari anjloknya harga karet dunia


Didalam pasar ekspor karet Internasional harga karet ditentukan oleh Pasar Internasional yang ditentukan di SICOM, TOCOM, Shanghai Future Exchange. Selain itu harga karet juga ditentukan oleh nilai tukar mata uang, Kelebihan suplai di pasar ekspor, serta kualitas getah karet tersebut. Nah negara yang berdampak juga dengan anjloknya harga getah selain Indonesia yaitu negara Malaysia, Thailand, Singapura, Cina karena mereka juga merupakan negara pengekspor getah karet Internasional.

Pemerintah Indonesia Bapak Jokowi juga sudah melakukan upaya supaya harga getah karet di Indonesia dapat membaik supaya para petani karet makmur, salah satu upayanya yaitu dengan menugaskan bagi para Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakya ( PUPR) untuk membeli langsung getah karet alam dari para para toke KUD yang getah tersebut akan digunakan untuk bahan pengaspalan jalan.

Baca Juga : Penyebab Harga Karet Terus Menerus Turun

Indonesia merupakan salah satu negara dengan hasil getah karet alam yang melimpah sehingga negara Indonesia menjadi negara pengekspor getah karet terbanyak kedua di dunia. Akan tetapi harga jual getah karet dari petani sangat murah sehingga bisa dibilang petani karet belum merasakan sejahtera.

Harga Karet di Indonesia tidak sebanding dengan kegiatan yang dilakukan para petani karet setiap harinya yang harus menyadap pohon karet di waktu gelap atau subuh karena jika menyadap pohon karet saat siang hari getah yang dihasilkan juga sedikit, belum lagi jika saat musim Hujan dan Kemarau sangat mempengaruhi banyaknya hasil getah.

Baca Juga : Penyebab Produksi Getah Pohon Karet Menurun Drastis

Nah semoga dengan adanya upaya yang sudah dilakukan oleh para Menteri kita bisa memperbaiki harga getah sehingga para petani karet dapat merasakan kesejahteraan dari pekerjaannya. Nah jika kamu ingin mengetahui tentang pohon karet lainnya bisa mengakses di www.kangkaret.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel