Perbedaan Menyadap Pohon Karet Yang Sudah Tua dan Yang Masih Muda

https://www.kangkaret.com/2019/12/perbedaan-menyadap-pohon-karet-yang-sudah-tua-dan-yang-masih-muda.html

Kangkaret - Pohon Karet biasanya fase kehidupannya yaitu mulai dari biji, kecambah, lalu tumbuh besar dan tua lalu mati. Ketika Pohon karet masih muda atau katakan berumur 5 - 10 tahun itu dimana waktunya getah yang keluar masih normal.

Pohon Karet yang masih muda memiliki getak karet yang kental dan memiliki kulit pohon yang masih lembut sehingga para petani karet akan lebih mudah untuk proses penyadapan. Untuk menyadap pohon karet yang masih mudah yang harus diperhatikan ialah proses penyadapan, jika proses penyadapan itu mulus / bagus atau biasa admin sebut tidak tekayu maka dipastikan pohon karet akan lebih bertahan lama dalam menghasilkan getah. Namun jika proses penyadapan tekayu maka kulit pohon karet akan sulit tumbuh lagi sehingga pohon karet tidak bisa mengeluarkan getahnya. Nah lalu apa bedanya pohon karet yang muda dan yang tua ?

Perbedaan Menyadap Pohon Karet Yang Sudah Tua dan Yang Masih Muda


Pohon karet yang masih mudah atau yang sudah tua sebenanya tidak terlalu di utamakan bagi sebagian petani karet asalkan kulit / struktur pohon karet tersebut masih bagus atau normal. Seperti yang saya sebutkan diatas jika proses penyadapan itu bagus/mulus maka pohon karet atau terus bisa menghasilkan getah yang berkualitas, namun jika sadapan tersbut bisa dikatakan jelek atau tekayu maka dipastikan pohon karet akan sulit untuk mengeluarkan getahnya lagi. Lalu apa bedanya pohon karet yang sudah tua dengan yang masih muda dalam beberapa segi.

1. Perbedaan Lingkar Pohon Karet

Yang pertama ialah lingkar pohon karet, Biasanya menurut pengalaman admin sendiri pohon karet yang masih mudah umur 5 - 10 tahun ukuran lingkar pohon karet masih terbilang sedang tidak terlalu besar sehingga bidang sadapan tidak panjang. Lalu jika Pohon karet yang sudah tua kira kira umur 15 tahun keatas biasanya lingkar pohon karet itu mulai membesar 2 x lipat dari yang masih muda sehingga bidang sadapan pun juga panjang / lebar.

Baca Juga : Yang Menyebabkan Kulit Pohon Karet Keras

Selain itu juga lingkar pohon karet juga dipengaruhi jarak dan perawatan dari lahan pohon karet tersebut. Jika penanaman atara pohon karet terlalu dekat maka dipastikan pohon karet tidak akan tubuh besar.

2. Perbedaan Ketebalan Kulit Pohon Karet

Lalu perbedaan keduanya yaitu ketebalan kulit pohon karet, Memang ketebalan kulit juga dipengaruhi oleh bibit pohon karet itu sendiri, namun selain itu ketebalan kulit pohon karet juga dipengaruhi oleh usia / umur pohon karet. Semakin tua pohon karet maka semakin tebal pula kulit pohon karet itu.

3. Perbedaan Kuantitas / hasil Getah karet

Perbedaan Kuantitas getah yang dihasilkan dari pohon karet juga dipengaruhi oleh umur pohon karet tersebut. Semakin tua pohon karet jika proses penyadapan dari awalnya bagus / tidak tekayu maka pohon karet semakin banyak menghasilkan getah karet. Tetapi jika proses penyadapan dari awal jelek / tekayu maka pohon karet sulit mengeluarkan getahnya bahkan pohon karet bisa saja mati.

Baca Juga : Cara Memperbanyak Hasil Getah Karet

Selain itu Kuantitas atau banyaknya hasil getah juga dipengaruhi dari pemilihan dan perawatan bibit pohon yang baik dan benar. Ada juga pengalaman dimana pohon karet yang sudah tua tetapi tidak dapat menghasilkan getah yang banyak karena bibit yang salah atau jelek.

Nah itulah demikian Perbedaan Menyadap Pohon Karet Yang Sudah Tua dan Yang Masih Muda semoga bermanfaat terima kasih telah berkunjung jika kamu ingin mengetahui banyak tentang pohon karet lainnya bisa mengakses di www.kangkaret.com 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel