Tips Berkebun Getah Karet Yang Menguntungkan

https://www.kangkaret.com/2019/12/tips-berkebun-getah-karet-yang.html

Kangkaret - Karet merupakan jenis tanaman yang banyak manfaat nya di kehidupan manusia, pastinya kalian sudah tahu apa saja barang - barang yang berbahan dasar karet. Ya seperti Ban kendaraan, sandal dan lain sebagainya.

Pohon Karet biasanya baru bisa dipanen jika sudah besar atau berumur 5 -7 tahun dengan melakukan penyadapan pada kulit pohon karet sehingga getah karet dapat keluar dan dikumpulkan kedalam wadah lalu di bawa ke pengepul atau toke getah. Lalu apakah untung berbisnis getah karet bagi para petani ?

Berikut Tips Berkebun Getah Karet Yang Menguntungkan


Untuk mendapatkan getah karet para petani harus rajin menyadap pohon karetnya setiap hari supaya getah yang dihasilkan bisa maksimal. Untuk mendapatkan hasil yang menguntungkan para petani karet dapat melakukan tips - tips berikut ini :

1. Memilih Bibit Super

Jenis - jenis bibit pohon karet memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing - masing. Namun saran saya menurut pengalaman admin pilihlah bibit yang unggul super yang ada ditempat - tempat yang sudah terjamin mutunya supaya kedepannya lebih meyakinkan hasilnya nanti.

2. Menanam di Lokasi Yang Tepat

Tempat Lokasi penanaman pohon karet juga menentukan hasil produksi getahnya nanti. Terkadang ada tempat - tempat yang memang tidak maksimal untuk pohon karet yang membuat pohon karet tidak bisa tumbuh berkembang dengan baik, lalu hindari menanam pohon karet di tempat yang sering terkena banjir. Di Indonesia saja memiliki perbedaan suhu di setiap pulaunya, namun yang lebih dominan saat ini populasi pohon karet terbanyak seperti di pulau Sumatera dan Kalimantan. Jika Suhu terlalu rendah atau terlalu tinggi juga sangat mempengaruhi produksi getah karet.

3. Melakukan Perawatan Secara Teratur

Pohon Karet juga perlu perawatan yang baik dan benar, membersihkan gulma harus rutin dilakukan jangan sampai menggangu pertumbuhan bibit karet. Lalu lakukan pemupukan yang tepat, pemupukan dilakukan sekurang - kurangnya 1 x dalam setahun yang lebih baik itu 2 x dalam setahun supaya nutrisi yang diserap pohon bisa terpenuhi dan pohon karet dapat tumbuh dengan baik. Pemupukan sangat berperan penting dalam menentukan banyak tidaknya hasil produksi getah karet.

Baca Juga : Cara Merawat Pohon Karet Yang Baik dan Benar

4. Lakukan Penyadapan

Melakukan penyadapat merupakan dimana kita telah melakukan poin point diatas sehinngga pohon sudah siap untuk disadap, pohon yang sudah siap disadap biasanya memiliki ukuran lingkar pohon sebesar rantang atau sudah berumur 5 - 7 tahunan dan memiliki cabang serta daun yang lebat.

Melakukan penyadapan merupakan cara memanen getah karet dari pohonnya, namun yang harus diperhatikan oleh para petani karet dalam proses penyadapan haruslah hati - hati bisa saja merusak atau membuat pohon tidak dapat mengeluarkan getah lagi. Proses penyadapan yang baik yaitu tidak sampai mengenai tulang atau kayu pohon karet hal ini terjadi karena penyadapan yang terlalu dalam atau menekan, yang biasa disebut tekayu. Tetapi jika penyadapan terlalu dangkal yang getahnya tidak keluar sempurna dan bisa mempengaruhi hasil panen.

Waktu penyadapan yang baik menurut pengalaman admin sendiri yaitu saat matahari belum terbit atau belum menampakan panasnya atau saat subuh dan pagi hari saat itulah getah lagi deras - derasnya. Jika penyadapan dilakukan saat siang hari getah yang dihasilkan akan sedikit berkurang.

Baca Juga : Cara Memperbanyak Hasil Getah Karet

Terakhir yaitu Proses penjualan, ketika getah sudah dikumpulkan dan dicetak maka dijual kepada pengepul atau toke getah, bisanya saya sendiri di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir itu menjual getah menggunakan sistem KUD yang harga nya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan dijual di mingguan.

Nah apakah menguntungkan bagi para petani karet sedangkan yang kita ketahui akhir - akhir ini harga getah semakin anjlok dan sangat sulit untuk naik. Jika kita hitung penghasilan di kebun karet yaitu menurut pengalaman admin, dalam 1 hektar dengan bibit unggul super bisa menghasilkan 200 kg lebih dalam 30 hari. Nah jika Harga getah Rp. 10.000 maka kalikan saja 200 kg x Rp. 10.000 = Rp 2.000.000 /bulan dalam 1 hektar.

Jadi Kalian kalikan sendiri berapa modal yang sudah kalian keluarkan dengan hasil yang sudah saya sebutkan, lalu berapa bulan bisa kebalik modalnya dan Pohon karet ini bisa menghasilkan getah antara 20 - 30 tahun. Nah itulah sekian dari saya tentang Tips Berkebun Getah Karet Yang Menguntungkan semoga bermanfaat jika kamu ingin mengetahui tentang pohon karet lainnya bisa mengakses di www.kangkaret.com



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel