Tips dan Cara Mencetak Getah Karet supaya Berat yang baik dan benar

https://www.kangkaret.com/2019/12/tips-dan-cara-mencetak-getah-karet.html

Kangkaret.com - Pohon karet merupakan pohon yang bisa menghasilkan getah lateks alami yang memiliki banyak manfaatnya dalam kehidupan sehari – hari. Getah lateks ini bisa dihasilkan dengan cara menyadap atau menggores pohon karet terlebih dahulu.

Biasanya para petani menggunakan wadah kecil sebagai penampung lateks yang mengalir setelah di sadap, proses penyadapan biasanya dilakukan pagi atau sore hari sewaktu matahari tidak menampakan panasnya.

Saat musim hujan biasanya para petani karet lebih berekstra lagi dalam proses pembekuan getah lateks supaya lebih cepat agar tidak terkena air hujan.

Jika pohon karet sudah selesai di sadap para petani karet mulai membuat ramuan untuk mempercepat pembekuan getah seperti menggunakan air sari gadung, ada yang menggunkan cairan kimia, ada juga yang menggunakan larutan air Tsp dan masih banyak lagi cara petani dalam membekukan cairan getah lateks.

Banyak cara dan teknik yang dilakukan oleh para petani karet dalam proses penyadapan supaya getah yang dihasilkan lebih banyak dan berkualitas. Selain itu petani juga tak jarang menggunakan obat perangsang getah untuk meningkatkan hasil produksi pohon karetnya.

Namun perlu diketahui bagi para petani yang menggunakan obat poles/perangsang getah ini, penggunaan obat poles tentunya diiringi dengan perawatan yang maksimal seperti pemupukan 1-2 kali 1 tahun serta pembersihan gulma, selain itu juga proses penyadapan jangan dilakukan setiap hari.

Berikut Tips dan Cara Mencetak Getah Karet supaya Berat yang baik dan benar :


Biasanya para petani untuk mempermudah dalam membawa getah yang dikumpulkan, biasanya para petani mencetak getah dalam bentuk persegi agar mudah disusun dalam mobil pengepul tanpa mengurangi kuantitas dan mutunya.

Bahan yang perlu di siapkan seperti wadah / bak pencetak getah berbentuk persegi bisa dari papan atau plastik, Cairan untuk mempercepat pembekuan getah(seperti diatas), dan getah karetnya.

Berikut langkah – langkahnya:

1 . Kumpulkan terlebih dahulu getah karet yang beku dari wadah penampung getah dari pohon dan getah yang cair. Untuk mendapatkan yang cair biasanya petani mengeluarkan terlebih dahulu getah yang beku dari wadah kecil yang dipohon lalu menyadap pohon karet untuk mendapatkan getah cair atau biasa disebut caeran.

2 . Lalu susun dengan rapi jedolan/ getah yang beku pada kotak bak getah perbaris, setelah tersusun beberapa baris biasanya para petani menginjak atau menekan jedolan yang disusun dibak lalu ditambah jedolan lagi. Kenapa diinjak karena supaya jedolan dapat tersusun dengan padat.

Baca Juga: - Menyadap Pohon Karet Musim Hujan
                     - Perawatan Pohon Karet Yang Baik

3 . Terakhir kumpulkan caeran yang baru saja di sadap dalam ember dan masukan sedikit air serta cairan pembeku getah dan sesaat langsung siramkan pada jedolan yang sudah disusun di bak getah tadi. Setelah 6 – 12 jam getah bisa dikeluarkan namun hasil yang lebih baik biarkan 1 -2 hari supaya susunan jedolan tadi lebih lengket sempurna.

Mungkin itu saja Tips dan Cara Mencetak Getah Karet supaya Berat yang baik dan benar tanpa pusing – pusing tanpa harus menambahkan sesuatu yang tidak wajar dalam getah hanya untuk menambah bobot getah. Informasi seputar pohon karet lainnya bisa kamu akses melalui www.kangkaret.com 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel