Tips Menyadap Pohon Karet Saat Musim Hujan

https://www.kangkaret.com/2019/12/tips-menyadap-pohon-karet-saat-musim-hujan.html

Kangkaret.com - Seperti yang kita ketahui menyadap pohon karet merupakan pekerjaan bagi petani karet. Menyadap karet adalah proses melukai atau membuka bagian kulit pohon karet yang bertujuan untuk mengeluarkan getah lateks pohon karet. Getah yang sudah terkumpul didalam wadah penampungan selanjutnya di kumpulkan lagi dari semua pohon karet lalu di cetak supaya agar lebih mudah untuk disusun dalam gudang atau saat proses penimbangan.

Biasanya para petani karet menyadap lahan pohon karetnya pada saat pagi hari sebelum matahari menampakan panasnya hal ini bertujuan supaya getah yang dihasilkan lebih maksimal dibandingkan menyadap saat siang hari. Selain itu menyadap saat pagi hari juga membuat tubuh lebih sehat sehingga pada saat siang hari bisa melakukan aktivitas positif lainnya.

Para petani karet harus lebih berekstra lagi saat memasuki musim hujan karena bisa saja hasil sadapan kita hilang begitu saja jika hujan turun. Biasanya lama proses membeku cairan getah yang baru saja di sadap kira - kira 6 - 10 jam.

Berikut ini Tips Menyadap Pohon Karet Saat Musim Hujan :


Alat dan Bahan :

1. Botol air mineral atau wadah lainnya.
2. Air biasa secukupnya.
3. Pembeku getah yang dianjurkan ( saya biasanya menggunakan Tsp).

Langkah - langkahnya :

1. Masukan air biasa kira - kira 2 liter kedalam baskom/ember.
2. Masukan Tsp kira - kira 1 -2 genggam dan aduk hingga semua tercampur rata.
3. Setelah tercampur rata masukan air larutan kedalam botol dan tutup botol dilubangi.

Pertama saat musim hujan saat hendak menyadap pastikan hujan tidak sedang turun dan pohon karet mulai mengering (tidak basah). Lalu sadaplah semua pohon karet seperti biasanya dan buanglah air dalam wadah penampungan getahnya.

Kedua setelah pohon karet sudah semua di sadap mulailah kita mengambil botol yang sudah ada larutan Tsp tadi dan kecrotkan atau masukan sedikit saja cairan tersebut kedalam wadah penampungan getah yang baru saja di sadap perpohon nya.

 Baca Juga :
            Cara Memperbanyak Hasil Getah Karet
           -  Penyebab Hasil Getah Pohon Karet Menurun Drastis 

Setelah sudah selesai, dalam hitungan menit getah yang sudah diberi larutan ini mulai membeku dan tidak akan habis jika hujan turun.

Nah sekian itulah Tips Menyadap Pohon Karet Saat Musim Hujan tiba semoga bermanfaat, jika kamu ingin mengetahui banyak tentang Pohon Karet kamu bisa mengakses www.kangkaret.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel