Cara Mengatasi Gugur Daun Pohon Karet dan Penyebabnya

 
Kangkaret.Com - Penyakit gugur daun pohon karet sering dialami oleh petani getah karet. Pohon karet yang sedang mengalami gugur daun akan mengakibatkan penurunan hasil getah karet.

Gugur daun pada pohon karet bisa akibat dari penyakit, pengelolahan kebun karet yang tidak tepat atau bisa juga akibat memang sedang mengalami musimnya yaitu musim gugur.

Jika pohon karet sudah mengalami gugur daun para petani mulai merasa resah karena hasil yang didapat kan dengan menyadap tidak bisa maksimal.

Namun tidak semua pohon karet yang sedang mengalami gugur daun bisa mengakibatkan penurunan hasil getah karet tetapi hasil yang didapatkan tetap seperti biasanya.

Biasanya Pohon karet yang tidak mengalami penurunan hasil getah walaupun sedang mengalami gugur daun yaitu pohon karet yang memiliki bibit yang berjenis super dan juga hasil dari perawatan dari pohon dan lahan yang tepat.

Bibit pohon karet yang baik tidak akan mengalami penurunan hasil getah walaupun saat sedang mengalami gugur daun dan saat musim kemarau.

Penyebab Gugur Daun Pohon Karet

1. Pohon Karet Stress

Pohon karet bisa stress bisa diakibatkan karena proses penyadapan yang tidak baik, contohnya menyadap pohon karet lebih dari 1 x dalam sehari, penyadapan yang tekayu.

Baca Juga : Akibat Menyadap Pohon Karet Tekayu

Pohon karet bisa juga mengalami stress, bisa disebabkan karena penggunaan obat perangsang getah yang tidak tepat. Jika penggunaan obat perangsang getah ini dilakukan secara berlebihan atau di press tanpa di iringi dengan perawatan yang baik pohon karet bisa mengalami gugur daun bahkan pohon karet bisa mati.

Biasanya para petani karet yang masih awam akan melakukan pengobatan pohon karet secara berlebihan dengan tujuan untuk memperbanyak hasil sadapan getah, tetapi tidak diiringi dengan perawatan yang baik.

Baca juga : Cara Merawat Pohon Karet


Dan Pohon karet bisa stress juga bisa diakibatkan penggunaan pestisida atau saat penyemprotan hama pada lahan. Pembersihan hama merupakan salah satu perawatan pohon karet supaya banyak getah namun jika penggunaan obat semprot yang salah bisa mengakibatkan pohon karet stress.

Saran Admin jika melakukan penyemprotan jangan sampai mengenai akar pohon atau akar kecil atau serabut disekitar pohon karet, usahakan pembersihan disekitar pohon karet menggunakan parang atau sejenisnya.

2. Pohon Karet Terkena Penyakit

Pohon karet yang terkena penyakit / hama biasanya akan mengalami penurunan hasil getah karet, jika tidak segera diatasi pohon karet lama kelamaan akan tumbang dan mati.

3. Musimnya Gugur

Pohon karet memiliki musim gugur setiap tahunnya, jika memang dalam musimnya anda tinggal menunggu saja sampai pohon karet memiliki daun yang lebat lagi dan hasil getah pohon karet kembali normal.

Biasanya jika memang terjadi musim gugur, pohon karet akan serentak melakukan pengguguran daunnya.

Baca Juga : Menyadap Pohon Karet Saat Kemarau


Mengatasi Gugur Daun

Untuk mengatasi gugur daun para petani karet tinggal menganalisa dari penyebab - penyebab diatas. Seperti jika Pohon karet gugur daun diakibatkan penggunaan obat perangsang getah yang salah maka hentikan pengobatan dan liburkan terlebih dahulu proses penyadapan sambil melakukan perawatan pohon karet. Ini memerlukan waktu dan kesabaran.

Jika gugur daun akibat penyakit maka lihat apakah pohon karet memiliki jamur atau hama lainnya jika ada segera lakukan pembersihan dan penyemprotan hama.

Namun jika memang saat musim gugur, para petani tidak dapat berbuat banyak hanya bisa menunggu sampai pohon kembali lebat dan segar.

Nah itulah untuk mengatasi gugur daun pada pohon karet semoga para petani karet Indonesia semakin sejahtera, jika ingin mengetahui informasi seputar pohon karet bisa mengunjungi Kangkaret.Com




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel