Penyebab Pohon Karet Mati Tumbang Roboh

Kangkaret.Com - Pohon karet menjadi salah satu penghasilan bagi petani di Pendopo Sumatera Selatan.


Dengan menyadap pohon karet masyarakat bisa mendapatkan penghasilan dengan menjual hasil getah yang didapat.

Terkadang hasil yang didapat tidak sesuai dengan diinginkan karena beberapa sebab seperti harga getah yang tidak stabil cenderung menurun, dan terlebih lagi pohon karet yang enggan mengeluarkan getahnya.

Saat dilanda musim kemarau pohon karet akan mengalami pengguguran daun sehingga pohon karet enggan mengeluarkan getahnya yang membuat penghasilan petani menurun drastis.

Lalu saat musim penghujan pohon karet akan mengeluarkan getahnya dengan normal tetapi jika musim hujan para petani tidak bisa menyadap pohon karetnya.

Jika para petani menyadap pohon karetnya saat musim hujan atau saat pohon karet sedang basah jika disadap dapat membuat pohon karet menjadi rusak.

Penyebab Pohon Karet Mati

Pohon karet yang dapat menghasilkan getah banyak itu karena berdasarkan dari bibit yang bagus dan perawatan yang tepat.

Bibit dan proses perawatan yang tepat memegang peran penting untuk bisa menghasilkan getah yang banyak.

Salah satu kendala para petani karet yaitu jika ada pohon karet yang mati, roboh / tumbang. Salah satu penyebabnya ialah sebagai berikut :

1. Akar Pohon Karet Membusuk

Akar pohon karet bisa membusuk jika diperhatikan bagian akar pohon karet yang mati. Hal ini disebabkan karena jamur yang menempel pada akar  sehingga membuat akan menjadi kropos dan akhirnya pohon tidak kuat menahan bobotnya yang berat.

Jadi sebagai petani karet harus rutin membersihkan hama apa lagi yang menempel pada pohon bisa saja menimbulkan penyakit pada pohon karet.

2. Akibat Penggunaan Obat Perangsang Getah

Obat perangsang getah bisa saja menyebabkan pohon karet mati jika dilakukan secara berlebihan.

Pengobatan perangsang getah boleh saja dilakukan jika dirasa pohon karet mulai enggan mengeluarkan getahnya. Namun Jangan berlebihan dalam menggunakannya ikuti petunjuk yang ada, selain itu lakukan perawatan seperti pemupukan secara rutin agar pohon karet tidak mengalami stress.

3. Musim Penghujan

Musim penghujan bisa saja menyebabkan pohon karet menjadi tumbang. Saat pohon karet yang sudah besar dan memiliki banyak dahan yang besar ketika ditiup angin dan hujan lama kelamaan pohon karet tidak bisa menahan bobotnya yang berat yang menyebabkan pohon patah ataupun tumbang.

Baca Juga : Tips Menyadap Saat Musim Hujan

4. Pohon Karet Kurang Nutrisi

Pohon Karet yang kurang nutrisi akan menghasilkan getah yang sedikit dan jika lebih parahnya pohon karet bisa saja kering dan mati.

Nah itulah penyebab - penyebab pohon karet bisa mati semoga artikelnya bermanfaat dan jika ingin mengetahui informasi seputar pohon karet lainnya bisa mengunjungi Kangkaret.Com ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel